loading...
Ruang digital menghapus batas-batas geografis sebagai target pasar produk dan menjangkau banyak konsumen. FOTO/SINDOnews
"Digitalisasi telah membawa perubahan lanskap persaingan usaha dan perilaku konsumen. Ruang digital menghapus batas-batas geografis sebagai target pasar produk dan menjangkau banyak konsumen," kata Anggota Komisi 1 DPR Taufiq R Abdullah dalam webinar Aptika Kominfo, baru-baru ini.
Baca Juga: KUR Era Jokowi Berhasil Bikin Ekonomi UMKM Makin Bergairah
Taufiq mendorong agar literasi digital UMKM terus didorong dengan berbagai seminar ataupun pelatihan. Melalui kegiatan pelatihan akan membantu UMKM yang gagap teknologi dapat memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan penjualan produk.
"Masyarakat harus memiliki kreatifitas, berfikir out of the box, kaya akan ide dan gagasan sehingga mampu melihat peluang. Era digitaliasi membuat pelaku usaha lebih fleksible mampu bergerak cepat dalam merespon perubahan dan kebutuhan pasar," jelasnya.
Baca Juga: Hadirkan Ribuan Pilihan Produk UMKM, Pesta Rakyat Simpedes Siap Berbagi Makna di Karawang!
Tak hanya itu, kolaboratif dengan stakeholders juga diperlukan membangun koneksi mengembangkan usaha. Di samping itu, harus mampu membangun kepercayaan diri dan berani mengekspresikan ide dan siap dengan resiko.
Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan pasar digital terbesar di Asia Tenggara. "Potensi ekonomi digital diprediksi akan terus meningkat," kata dia.
(nng)
from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/nKzcmXb
via IFTTT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar