Search This Blog

Senin, 23 Januari 2023

Revitalisasi Pasar di Surabaya, Waket DPRD: Harus Libatkan Pedagang - detikNews

Jakarta -

Wali Ketua DPRD Surabaya Reni Astuti melakukan sidak di Pasar Pabean, Senin (23/1). Hal ini dilakukan untuk memantau kesiapan Pasar Pabean sebagai salah satu pasar yang akan mendapatkan revitalisasi di tahun 2023.

Kota Surabaya terus melakukan revitalisasi di segala sektor, termasuk revitalisasi pasar. Tahun ini, ada empat pasar yang rencananya akan direvitalisasi, yakni Pasar Pabean, Pasar Kembang, Pasar Pucang dan Pasar Tunjungan.

Pasar Pabean sendiri merupakan pasar tradisional di Kota Surabaya yang ada sejak tahun 1849 silam. Pasar itu menempati bangunan cagar budaya yang berada di Jalan Songoyudan.

Dalam kunjungannya, Reni yang didampingi Dirut PD Pasar Surya Agus Priyo menyaring masukan dari para pedagang terkait rencana revitalisasi.

"Jadi prinsipnya adalah pasar itu potensi ekonomi yang luar biasa. Tidak hanya pedagang yang mendapatkan sumber penghasilan. Tapi di situ ada yang akut ada yang membantu dan tadi ada yang membersihkan bawang dan sebagainya," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (23/1/2023).

"Jadi intinya banyak pelaku usaha yang bisa memberikan kerja kepada banyak orang. Dan oleh karena itu kita berharap pasar tradisional ini hidup," sambungnya.

Reni menyebut Pasar Pabean sebagai salah satu pasar tradisional di Surabaya yang masih eksis. Ia menambahkan Kota Surabaya sudah memiliki konsep tentang pengendalian banjir, mengatasi persoalan kemacetan dengan menghadirkan bus Suroboyo serta memiliki angkutan feeder.

"Terkait dengan pasar tradisional, saya belum melihat ada road map yang lengkap. Kita yang diinginkan seperti apa, pasar tradisional yang hidup, bisa menjadi destinasi wisata. Kita sudah memiliki wisata-wisata yang dibenahi, orang sebelum pulang bisa mampir ke pasar. Itu saya kira bisa semakin menghidupkan," jelasnya.

Reni mengatakan akan melakukan apapun untuk revitalisasi Pasar Pabean. Ia pun meminta pihak PD Pasar Surya untuk memperhatikan masukan dari para pedagang.

"Prinsip adalah bahwa apapun nanti pengembangan yang dilakukan oleh PD Pasar, itu harus melibatkan pedagang. Jadi jangan sampai pembangunan, menjadi kepentingan pemerintah tapi kepentingan pedagang. Ini yang paling penting," ucapnya.

"Karena itu, mengakomodir, mendengar, menerima masukkan ini saya kira hal utama yang dilakukan oleh PD Pasar dan Pemerintah untuk mengembangkan pasar-pasar tradisional. DPRD Kota Surabaya memberikan support bagaimana semakin hidup, mengeliat, bisa menjadi potensi ekonomi yang luar biasa, bisa menjadi alternatif destinasi wisata yang ada di Kota Surabaya," lanjut Reni.

Sementara itu, Agus mengungkapkan dalam melakukan revitalisasi pasar pihaknya akan melibatkan para pedagang.

"Kita harus melibatkan pedagang. Jangan sampai nanti menurut kami, pasar ini sudah menarik, untuk bisa moderen, tapi malah tidak bisa berjualan dengan baik dan itu sangat penting (melibatkan pedagang). Itu akan kami kaji dengan melibatkan pedagang," tuturnya.

Agus menyampaikan Pasar Pabean merupakan salah satu pasar ikonik di Surabaya. Sebab, pasar tersebut dikenal sebagai pasar ikan yang jadi rujukan beberapa daerah.

"Bahwa pedagang ini berperan penting. Jangan sampai pembangunan infrastruktur itu mengganggu mereka. Itu masukkan penting buat kami, terima kasih bu Reni Wakil DPRD Kota Surabaya," pungkasnya.

(ega/ega)

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/viK8L4H
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub