Search This Blog

Rabu, 18 Januari 2023

Tubuh Hancur, Operator Alat Berat Kesulitan Kubur Bangkai Paus di Munggu - detikBali

Badung -

Bangkai ikan besar diduga paus yang terdampar di Pantai Munggu, Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Kamis (19/1/2023) akhirnya dikubur. Evakuasi dilakukan aparat desa dibantu anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung dengan meminjam alat berat milik warga setempat. Operator sempat kesulitan lantaran tubuh paus mulai hancur karena pembusukan.

Kepala Desa Munggu I Ketut Darta mengaku belum berani memastikan jenis ikan besar itu. Untuk memastikannya, sampel sirip bangkai ikan itu sudah diambil untuk diidentifikasi. Pihaknya juga didampingi staf dari Kantor Resort Badung, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bali.

"Bangkai itu ditemukan koordinator pengelola Pantai Munggu ke kami sekitar pukul 07.00 Wita. Jadi kondisi bangkai itu sudah busuk, tanpa kepala terdampar di pantai," jelas Darta di sela-sela evakuasi.


Namun, menurutnya, jika dilihat perkiraan panjang ikan besar itu lebih dari 5 meter dengan lebar 2 meter dan berat perkiraan 500 kilogram. "Ikan mati terdampar ini kejadian pertama di Munggu," sebutnya.

Operator alat berat sempat kesulitan memindahkan bangkai ikan besar itu ke pinggir pantai. Sebab kondisi bangkai sudah hancur membusuk. Bahkan ekor nyaris putus. "Sudah dikubur di pantai pakai eskavator jam 9 pagi ini," pungkas Darta.

Menurut Ketua Desa Wisata Munggu Putu Suada, ikan besar itu ditemukan pertama oleh koordinator penanggung jawab pantai sekitar pukul 07.00 Wita. Bangkai itu sempat tertarik ke tengah laut saat ombak kembali pasang.

"Ya pantai ini akan ramai dikunjungi wisatawan lokal karena beberapa hari lagi akan ada persembahyangan, jelang Hari Siwaratri. Kami tidak mau terganggu karena bangkai sudah tebar bau busuk," kata Suada.

Sementara itu Kepala Resort KSDA Badung Sang Ketut Lansia ditemui di lokasi juga belum bisa memberi keterangan pasti soal jenis bangkai ikan yang terdampar. "Jadi kondisinya betul-betul hancur. Tadi sampel sudah diambil kerja sama dengan yayasan untuk kepastiannya," ucap Lasia.

Simak Video "Penampakan Ratusan Paus Terdampar di Pantai Barat Tasmania"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/gsp)

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/WJgut7p
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/8yKU4ot
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dhaaman - BBC.com

[unable to retrieve full-text content] KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dh...