Search This Blog

Senin, 20 Februari 2023

Tim Riset UB Pencipta Inovasi Alat Sterilisasi Peralatan Medis - Radar Malang

Berbasis Internet of Things,  Raih Dua Penghargaan Internasional

Alat sterilisasi yang diciptakan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) ini berorientasi untuk membantu tenaga medis di daerah terpencil. Didesain portable, terhubung dengan aplikasi yang bisa mendeteksi bakteri, hemat daya, ekonomis, dan tidak memerlukan listrik konvensional.

FAJAR ANDRE SETIAWAN

USAHA tak akan mengkhianati hasil. Pepatah itu sepertinya tepat untuk menggambarkan perjuangan panjang tim riset Universitas Brawijaya (UB) yang diinisiasi Shofi Ramadhani.

Bersama enam anggota tim lainnya, Shofi mampu menciptakan alat sterilisasi perangkat medis yang memiliki banyak keunggulan.

Bahkan alat itu baru saja mendapatkan dua penghargaan internasional dari dua negara tetangga, yakni Malaysia dan Thailand.

Alat tersebut diberi nama Aladdin. Seperti lampu ajaib, nama itu digunakan untuk mempermudah penyebutan alat yang sebenarnya bernama Magic Toolbox Plasma-Based Integrated Solar Cell with Internet of Things.

Alat tersebut sudah pernah mendapat special award dari Malaysian Research and Innovation Society (MyRIS). Lalu, pada 2 hingga 6 Februari 2023, Aladdin diikutsertakan dalam ajang Thailand Inventor’s Day 2023.

Hasilnya sangat membanggakan. Shofi dan rekan-rekannya berhasil membawa pulang medali emas.

Baca Juga : Berikut Daftar Kekayaan Tiga Calon Rektor Universitas Brawijaya.

Thailand Inventors’ Day 2023 merupakan wadah bagi mahasiswa dari berbagai negara untuk memamerkan inovasi.

Kompetisi internasional itu diselenggarakan oleh National Research Council of Thailand (NRCT) di Bangkok International Trade & Exhibition Centre (BITEC).

”Waktu itu kami bersanding dengan tim riset dari 24 negara dunia. Total yang dipamerkan mencapai 469 inovasi,” ujarnya.

Shofi menjelaskan, proses penciptaan alat sterilisasi dan penyimpanan peralatan medis itu memakan waktu yang cukup panjang. Ide pembuatannya sudah muncul sejak tahun 2018.

Prototipe alat tersebut sudah beberapa kali mengalami perubahan dan perbaikan.

”Desain kami pilih seminimalis mungkin, tapi tetap punya kapasitas yang ideal untuk peralatan medisnya,” ungkap Shofi. (Bersambung ke halaman selanjutnya)

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/tyqZSpM
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/ywW69ue
via IFTTT

1 komentar:

  1. For you today, we researched the finest WhatsApp mod. We’ll discuss GBWhatsApp APK with you in this article. With GBWA, you may have voice, chat, and video discussions as well as share data, contacts’ current locations, and media assets.

    BalasHapus

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub