Search This Blog

Rabu, 01 Maret 2023

EKRUTES Luncurkan Alat Tes Psikologi Pintar dan Sesuai Budaya Indonesia - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta - EKRUTES.ID, platform talent management, menghadirkan teknologi untuk membantu proses rekrutmen lebih cepat. Teknologi ini menjawab kebutuhan psikotes untuk individu, perusahaan dan institusi pendidikan.

“Kami menggunakan alat tes mutakhir yang dibuat oleh anak bangsa yaitu Tes IQ WMS,” kata Chief Research and Development Sandi Kartasasmita di Jakarta, Rabu (1/3/2023).

Tes IQ WMS merupakan tes intelengesia yang dikembangkan dan disesuaikan dengan demografi dan budaya di Indonesia. Alat tes oleh EKRUTES.ID ini real time dan tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya.

“Keinginan kami adalah the right man in the right place, dengan teknologi ini akan mampu menempatkan orang sesuai dengan kemampuan dan kepribadiannya,” kata Sandi.

Di dalam teknologi EKRUTES.ID tidak hanya IQ WMS saja yang dijadikan penilaian asesmen, tetapi juga ada tes kepribadian, tes gaya kerja, tes kepuasaan hidup, tes kepercayaan diri, tes gaya belajar dan tes minat bakat.

“Validitas dan reliabilitas dari alat tes EKRUTES.ID adalah 0,9,”kata Sandi.

Untuk bisa memenuhi standar minimal alat tes yang valid dan reliabel setidaknya dibutuhkan poin 0.6 pada saat pengujian. Semua alat tes di EKRUTES.ID memiliki poin 0,8 dan 0,9. Semua alat tes di EKRUTES.ID juga telah sesuai dengan kaidah dan etika psikologi.

Dalam kesempatan yang sama CEO EKRUTES.ID Hartono Chandra menyampaikan bahwa pengembangan tes psikologi online ini bermula dari pengalamannya.

Dia menjelaskan bahwa psikotes offline itu mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mendapatkan hasilnya. Psikotes offline juga cenderung memiliki jenis soal yang serupa, sehingga hasil dari tesnya sering bias.

“Psikotes online membantu HR (human resources) di perusahaan untuk mendapatkan kriteria kandidat yang sesuai kebutuhan, dengan hasil yang real time,” kata Hartono

Hartono menyampaikan harapannya bahwa EKRUTES.ID akan mampu menjadi salah satu start up yang dijadikan standar bagi HR dalam perekrutan karyawan.

Dia menandaskan psikotes adalah langkah awal yang penting bagi perusahaan untuk lebih mengenal kandidat. Banyak turnover yang terjadi di perusahaan saat ini karena ada ketidakcocokan antara atasan dengan bawahan, atau dengan sesama rekan kerja, hal ini biasanya berkaitan dengan kepribadian seseorang.

Biasanya kendala perusahaan tidak melakukan psikotes pada proses hiring adalah karena keterbatasan waktu dan biaya. Saat melakukan psikotes offline, perlu waktu lama untuk menunggu hasil psikotes.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegah Kecurangan

Sementara, psikotes online di EKRUTES.ID, paperless, real time, dan efisien, serta yang paling penting sangat terjangkau. Meskipun dilakukan secara online, peserta tes tidak bisa melakukan kecurangan karena EKRUTES.ID memiliki Cheating Prevention System, yaitu fitur snapshot yang secara otomatis akan mengaktifkan kamera dan mengambil foto yang ada di depan kamera (mode selfie).

Hartono menambahkan, perusahaan juga bisa memanfaatkan fitur EKRUBOX, sistem AI yang bisa memberikan rekomendasi talent berdasarkan hasil psikotes dan memberikan rekomendasi posisi yang sesuai.

Sejauh ini EKRUTES.ID telah bekerja sama dengan 500 perusahaan, 200 sekolah dan universitas di Indonesia, dan 80.000 individu yang ingin mengetahui minat dan bakatnya.

“Kami sangat mendukung program Merdeka Belajar oleh pemerintah,” kata Chief Marketing Officer Kristin Tan menambahkan.

Dalam proses asesmen, EKRUTES.ID juga menyediakan pendampingan. Ada psikolog atau private counselor yang akan mendampingi talent setelah menyelesaikan asesmen, sehingga kesiapan talent akan lebih unggul dibandingkan dengan kandidat yang tanpa persiapan.

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/6TVRmIJ
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/RBE6dA8
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub