Search This Blog

Jumat, 14 April 2023

10 Teknologi Kuno Paling Menakjubkan di Dunia, Jam hingga Alat Pendeteksi Gempa - detikcom

Jakarta -

Teknologi adalah tanda bahwa peradaban terus berkembang. Sejak sebelum masehi hingga era digital, penemuan-penemuan teknologi terus bermunculan.

Beberapa penemuan kuno antara lain adanya objek lingkaran yang disebut sebagai roda. Objek tersebut pada era Mesopotamia sekitar 4000-6000 SM.

Selain roda, adanya juga penemuan kuno yang menakjubkan lainnya. Berikut daftarnya dikutip dari Oldest.org.

10 Teknologi Kuno Paling Menakjubkan di Dunia:


1. Roda

Awal mula ditemukannya roda menurut para arkeolog berada di sekitar 4000 SM atau lebih dari 6000 tahun yang lalu. Kendati demikian sebelum ditemukannya tentu objek berbentuk lingkaran sudah dapat digunakan sebelumnya.

Penemuan roda pada 4000 SM dilakukan karena pada sekitar tahun tersebut roda baru saja menemukan kegunaannya yang sebenarnya di Mesopotamia.

Para arkeolog percaya, saat itu roda digunakan salah satunya untuk meja tembikar. Namun, kini penemuan tersebut telah memiliki dampak yang sangat besar dan masih digunakan hingga kini.

2. Kalender

Kalender diperkirakan teknologi kalender sudah ada dari sebelum tulisan ditemukan. Pada awalnya kalender pertama yang digunakanan adalah matahari dan bulan yang digunakan oleh pemburu pada masa-masa awal untuk melacak fase Bulan.

Sedangkan di Timur Tengah dan Yunani, mereka akan menggunakan kalender lunar untuk mengetahui waktu dalam satu bulan serta kalender matahari untuk menentukan bulan panen.

Kalender lunar digunakan oleh banyak peradaban pada masa lalu. Kendati demikian, kalender ini tidak akurat yang akhirnya mengakibatkan sistem penanggalan tersebut rusak.

Barulah pada tahun 1582, Paus Gregorius XIII memperkenalkan sistem penanggalan baru melalui kalender Gregorian. Kalender inilah yang masih digunakan oleh sebagian besar dari kita hingga saat ini.

3. Kompas

Salah satu faktor di balik kesuksesan penjelajahan manusia pada masa lalu adalah kompas yang membantu para penjelajah untuk mengetahui arah mata angin.

Diperkirakan kompas awalnya dibuat di China yang terbuat dari lodestone. Lodestone sendiri merupakan bentuk magnetit yang terjadi secara alami. Pada awalnya sekitar tahun 200 SM penemuan ini lebih banyak digunakan untuk tujuan spiritual.

Barulah pada sekitar tahun 1050 M, kompas digunakan oleh para penjelajah yang menggunakan batu magnet untuk membantu navigasi mereka.

4. Jam

Bangsa Sumeria pada tahun 2000 SM menemukan sistem perhitungan jam kita yaitu 60 menit 60 detik. Penemuan tersebut kemudian disebut sebagai jam mekanis yang memiliki peranan penting bagi kita untuk mengetahui waktu.

Pada awalnya jam akan melacak pergerakan matahari atau air untuk memperkirakan waktunya seperti jam pasir, tongkat waktu dan jam lilin. Setelahnya ditemukan jam mekanik bertenaga air serta memiliki mekanisme pelarian yang memutar roda gigi.

5. Kertas

Penggunaan kertas pertama kali diperkirakan oleh para ilmuwan dan arkeolog terjadi pada sekitar tahun 3000 SM oleh orang Mesir kuno yang menggunakan sari tanaman papirus untuk membuat kertas.

Dahulu kertas dibuat dengan potongan-potongan papirus yang dijalin bersama untuk membuat lembaran yang kemudian dibebani dan diikat untuk membuatnya kuat tetapi tetap kurus.

Masa tahan kertas dari papirus terbukti sangat lama karena terdapat banyak lembaran papirus yang ditemukan dalam kondisi baik sehingga membuat kita dapat melihat hieroglif yang tertulis di atasnya.

6. Beton

Penemuan beton berawal dari penemuan semen pada 3000 SM di Mesir kuno. Pada zaman dahulu orang Yunani dan Romawi akan menggunakan bentuk beton yang terbuat dari campuran aluminium dan silika.

Ternyata, penemuan beton tersebut kemudian berdampak pada pembuatan semen Portland pada tahun 1824 yang dilakukan oleh Joseph Aspdin.

7. Mesin Cetak

Penemuan ini berasal dari tahun 1436 M oleh Johannes Gutenberg yang saat itu merupakan seorang pandai emas tetapi diketahui bahwa seni cetak sudah ditemukan sebelum penemuan mesin cetak ini.

Terdapat jejak pencetakan balok kayu sejak abad ke-9 di Tiongkok. Selain itu, bandar taruhan Korea sudah menggunakan jenis logam yang dapat dipindahkan sekitar 100 tahun sebelum penemuan mesin cetak.

8. Api Yunani

Penemuan ini digunakan dalam pertempuran di laut yang merupakan senjata pembakar. Api Yunani digunakan oleh Kekaisaran Bizantium untuk melawan kapal tetapi juga digunakan di darat dan merupakan senjata yang mematikan.

Komposisi persis dari api Yunani tidak diketahui tetapi terdapat kandungan naphtha dan quicklime dalam api yang membuat api tidak mati ketika bersentuhan dengan air serta tidak mungkin untuk dipadamkan.

9. Lensa Nimrod

Meskipun teleskop kerap dikatakan berasal dari Galileo tetapi melalui penemuan lensa ini diketahui bahwa pada saat peradaban kuno mereka telah menggunakan teleskop.

Pasalnya, lensa ini telah berusia sekitar 3000 tahun, ia terbuat dari kristal batu. Lensa Nimrod berfungsi sebagai kaca pembesar namun para ilmuwan tetap meyakini bahwa lensa ini merupakan bagian dari teleskop kuno.

10. Seismoskop Zhang Heng

Alat pertama yang digunakan untuk mendeteksi gempa kemungkinan besar adalah penemuan yang dibuat oleh ahli matematika China Zhang Heng. Didekorasi dengan indah, kapal itu kemungkinan dibuat sekitar 132 AC.

Ilmuwan mengklaim bahwa instrumen ini mampu mendeteksi gempa bumi dalam radius empat ratus mil (sekitar 600an km), meski gempa tersebut tidak terasa di sekitar seismoskop.

Simak Video "Mayat Pensiunan Polisi di Gorong-gorong Tasikmalaya Punya Luka di Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/faz)

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/jxKS5Lf
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/ON1Hdlm
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019) - Legacy.com

[unable to retrieve full-text content] Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019)    Legacy.com