Search This Blog

Selasa, 11 April 2023

Jelang Lebaran, Petugas Pastikan Alat Timbangan di Pasar Kota Kediri Sesuai Takaran - Surya.co.id

SURYA.CO.ID, KEDIRI - Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri melakukan pengawasan alat Ukur, Takar, Timbang dan Perlengkapannya (UTTP) di Pasar Setonobetek dan Pasar Pahing, Senin (10/4/2023).

Pemeriksaan petugas menyasar untuk alat timbang manual dan elektrik yang dipakai para pedagang. Selanjutnya dilakukan pengukuran berat sesuai standar.

Kepala Disperdagin Kota Kediri Tanto Wijohari mengatakan, kegiatan dilakukan untuk mewujudkan jaminan kebenaran hasil pengukuran dan kepastian hukum serta mendukung penyelenggaraan perlindungan konsumen.

Kegiatan rutin tiga bulan sekali ini dilaksanakan pada bulan Ramadhan menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Kami melakukan pengawasan khususnya untuk UTTP pedagang daging, ikan, ayam dan toko peracangan," jelasnya.

Kegiatan ini sekaligus memberi jaminan kepada masyarakat agar merasa lebih tenang serta yakin membeli produk yang dijual pedagang karena kejelasan dalam hal takarannya.

Selain Pasar Pahing dan Pasar Setono Betek, petugas berencana akan melakukan hal serupa dan menyisir pasar-pasar lain di Kota Kediri.

"Kita fokuskan ke pasar-pasar skala besar dan selanjutnya ke Pasar Bandar, Pasar Mrican dan Pasar Banjaran. Tidak menutup kemungkinan jika ada masukan atau aduan dari masyarakat terkait UTTP juga akan langsung kita tindaklanjuti,” jelasnya.

Sementara hasil pengawasan dan pengecekan semua timbangan laik digunakan dan dalam kondisi baik.

Ketika pengawasan di lapangan ditemukan UTTP yang tidak sesuai, diimbau para pedagang untuk segera melakukan tera ulang.

“Kita bawakan alat 5 kg, kita cek secara langsung terhadap tembor dan timbangan. Alhamdulillah kami tidak menemukan kecurangan dan alat ukur yang digunakan pedagang masih memenuhi syarat yang ditentukan,” jelasnya.

Tanto berharap masyarakat bisa menjadi konsumen yang cerdas dan pedagang bisa selalu menjunjung nilai kejujuran.

“Para pedagang agar bersikap jujur, tidak mengurangi takaran timbangan demi meraup keuntungan sehingga antara pembeli dan pedagang terbangun rasa saling percaya dalam bertransaksi,” harapnya.

BACA BERITA SURYA.CO.ID DI GOOGLE NEWS LAINNYA

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/13z5ETM
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/lu8wLRe
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dhaaman - BBC.com

[unable to retrieve full-text content] KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dh...