Search This Blog

Rabu, 17 Mei 2023

Pasar Ikan di Eks Stadion Sunggingan Boyolali Senilai Rp 1,6 Miliar Rampung September - Radar Solo

RADARBOYOLALI.COM-Ada lagi yang baru di Kabupaten Boyolali. Segera hadir pasar ikan bersih di eks Stadion Sunggingan atau timur pasar tradisional Sunggingan. Dana yang digelontorkan pemerintah pusat mencapai Rp 1,6 miliar dan ditargetkan rampung September mendatang.

Tahap pembangunan Pasar Ikan Bersih dilakukan sejak 26 April lalu. Bupati Boyolali M. Said Hidayat memantau langsung progres pembangunan pasar ikan, Rabu (17/5/2023).

Nantinya, pasar ikan tersebut tak hanya menyajikan berbagai hewan air segar. Tapi juga dilengkapi live coocking di lantai satu. Pengunjung bisa membeli ikan segar dan bisa langsung dimasak dan disantap.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Boyolali Lusia Dyah Suciati mengatakan, Pasar Ikan Bersih dibangun dua lantai selama setengah tahun. Yakni, dari 26 April sampai 23 September.

”Anggaran pembangunan berasal dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Nanti dibangun dua lantai. Lantai satu pasar ikan segar, kios pasar ikan segar. Lantai dua nanti untuk kuliner berbahan baku ikan juga,” ungkapnya, Rabu (17/5/2023).

Pasar ikan bersih ini akan menjadi pusat jual beli ikan. Dipriotaskan bagi pedagang ikan yang belum memiliki lapak. Pemkab Boyolali tidak memaksa pedagang yang sudah memiliki lapak untuk pindah. Mereka tetap diizinkan menempati lapak lama.

”Pedagang yang akan menempati di sini diprioritaskan untuk para pedagang ikan yang ada di Pasar Sunggingan maupun di Pasar Boyolali yang saat ini belum memperoleh lapak. Jadi ini nanti khusus untuk pasar ikan dan kulinernya juga berbahan baku ikan. Diharapkan bisa menarik wisatawan untuk mampir,” katanya.

Pasar Ikan Bersih Boyolali memiliki luas 4 ribu meter persegi. Dilengkapi bangunan pasar, area parkir, akses jalan dan penataan taman. Untuk bangunan gedung seluas 600 meter persegi dengan dua lantai. Lantai pertama difungsikan sebagai lokasi jual beli ikan dengan luas 300 meter persegi. Lantai satu dilengkapi dengan 14 meja penjualan, satu kios ikan hias, lima kolam ikan, satu ruang pengelola, dua kamar mandi dan akses untuk kaum disabilitas.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat mengapresiasi bantuan pusat untuk pembangunan Pasar Ikan Bersih. ”Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Boyolali dalam memberikan fasilitasi dan tentunya dari kementerian juga atas perhatiannya terima kasih. Juga agar nantinya apa yang dilaksanakan seperti ini, kita lihat secara langsung tahapan-tahapan proses pembangunan,” tandasnya. (rgl/adi/wa)

Reporter: Ragil Listiyo

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/JnOmKeP
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dhaaman - BBC.com

[unable to retrieve full-text content] KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dh...