Search This Blog

Jumat, 23 Juni 2023

Pemkot Kendari sidak harga bahan pokok di pasar dan distributor jelang Idul Adha - ANTARA Sulawesi Tenggara

Kendari (ANTARA) - Pemerintah Kota  Kendari, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Perdagangan, Koperasi (Disperdakop) dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) melakukan inspeksi mendadak  harga bahan pokok di sejumlah pasar dan distributor yang ada di Kota Kendari, Sultra.

Inspektur Kota Kendari Syarifuddin di Kendari Jumat, mengatakan bahwa sidak harga bahan pokok yang dilaksanakan tersebut dilakukan di dua pasar dan satu distributor untuk memastikan ketersediaan stok dan kestabilan harga menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H/2023 M.

Ia menyampaikan bahwa sidak tersebut dilaksanakan di Pasar Sentral kota Kendari, Pasar Mandonga.

"Serta ada satu distributor, yakni PT Wira Eka Persadatama," kata Syarifuddin.

Ia menyebutkan bahwa hasil dari sidak yang dilakukan Pemkot Kendari itu akan diolah dan dilaporkan pada saat pelaksanaan rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia (RI).

“TPID itu setiap saat memantau harga-harga yang dilakukan oleh teman-teman perdagangan, nah itu akan dilaporkan ke pemerintah pusat,” ujar Syarifuddin.

Ia menjelaskan bahwa bersamaan dengan rapat TPID yang akan digelar pada Senin (26/6), Pemkot Kendari juga akan melaksanakan pasar murah yang akan berlangsung di Lapangan Benu-benua, Kecamatan Kendari Barat, Kota Kendari.

Hal Senada juga disampaikan oleh Kepala Disperdakop dan UMKM Kota Kendari Alda Kesutan Lapae. Ia menambahkan bahwa pihaknya menilai menjelang hari besar sejumlah kebutuhan pokok biasanya mengalami kenaikan harga.

Mantan Camat Kadia itu menyebut bahwa kenaikan harga ini biasanya dua hari jelang perayaan hari besar. Namun, untuk saat ini harga kebutuhan pokok masih cenderung stabil.

“Bahkan, jelang hari raya itu harga tidak bergerak biasanya seperti itu, terkecuali karena kebutuhan meningkat biasanya harganya naik,” ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa untuk kebutuhan pokok seperti bawang, telur, cabai, dan beras masih stabil, sementara untuk daging dan ayam potong mengalami kenaikan harga sekitar Rp5 ribu.

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/65eEyWA
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub