Search This Blog

Senin, 14 Agustus 2023

Resmikan Pasar Jengki Bersihati, Puan: Dijaga Kebersihan & Kenyamanannya - detikNews

Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan revitalisasi Pasar Jengki Bersihati. Kegiatan tersebut ia lakukan saat kunjungan kerja (Kunker) ke Manado, Sulawesi Utara.

Kedatangan Puan pada Sabtu (12/8) pagi tadi disambut antusiasme pedagang hingga pengunjung pasar. Bahkan tidak sedikit masyarakat yang meminta foto atau selfie bersama dengan Puan.

Pada kesempatan tersebut, Puan menekankan pasar di Indonesia harus menjadi tempat yang nyaman, aman, dan membanggakan.

"Pasar adalah wujud nyata ekonomi rakyat. Ketika pasar itu ramai, maka Insyaallah ekonomi rakyat juga sedang sehat dan kuat," kata Puan dalam keterangan tertulis, Sabtu (12/8/2023).

Puan pun mengapresiasi jajaran Pemerintahan Kota Manado yang memiliki program kerja untuk merevitalisasi pasar tradisional. Adapun perbaikan pasar mencakup sisi fasilitas pasar, penataan, kebersihan dan ketertiban.

"Jika pasar itu secara fisik sudah tidak layak atau terlalu kotor, dan sebagainya maka kegiatan ekonomi akan berkurang dan akan berdampak juga kepada kondisi ekonomi sosial masyarakat sekitar," terang Puan.

Puan pun memuji hasil revitalisasi yang membuat pasar ini semakin baik. Dia menilai revitalisasi Pasar Jengki Bersihati juga menjadi upaya untuk membangkitkan kembali sejarah panjang pasar dengan konsep pasar tradisional dengan pengelolaan modern berbasis wisata.

Diketahui, Pasar Jengki Bersihati merupakan gabungan dari dua pasar, yaitu pasar Ikan (dekat eks terminal Calaca) dan Pasar Kuala Jengki. Adapun kata bersihati berasal dari singkatan bersih, sehat, aman, tertib dan indah.

"Sekarang tempatnya bersih, nyaman kalau pembeli makin nyaman maka mereka bisa makin lama di pasar dan Insyaallah belanjanya lebih banyak," ungkap perempuan pertama yang menjabat Ketua DPR RI.

Usai revitalisasi, kini Pasar Jengki Bersihati memiliki luas kurang lebih 5 hektare dengan kapasitas 1.241 lapak serta 200 kios yang dapat menampung sebanyak 1.311 pedagang.

Lebih lanjut Puan mendorong agar seluruh lapisan masyarakat ikut bahu membahu merawat dan menjaga pasar tersebut.

"Mari kita bersama-sama jaga pasar ini setelah direvitalisasi ini milik kita bersama dijaga kebersihannya, dijaga keamanannya dan dijaga kenyamanannya supaya menjadi berkah dan kebanggaan bagi kita semua," terang Puan.

Selain itu, mantan Menko PMK ini juga meminta Pemko Manado untuk memantau dan memastikan Pasar Jengki Bersihati dalam kondisi aman dan nyaman. Dengan begitu, Pasar Jengki Bersihati selalu menjadi kebanggaan warga Manado.

"Pemerintah Kota Manado saya minta agar dipantau terus kondisi bangunan. Jika ada yang kurang-kurang tolong segera dibetulkan supaya pedagang dan pembeli di sini tetap senang," tegas cucu Bung Karno itu.Dalam kesempatan itu juga, Puan membubuhkan tanda tangan di prasasti dengan harapan Pasar Jengki Bersihati menjadi lokasi pertemuan antara pedagang dan pembeli yang akan memperbaiki kesejahteraan masyarakat.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim saya resmikan revitalisasi Pasar Jengki Bersehati Manado," ucap Puan.

Setelah meresmikan revitalisasi Pasar Jengki Bersihati, Puan dijadwalkan menghadiri puncak acara Tomohon International Flower Festival 2023.

(anl/ega)

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/Qa7njBZ
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dhaaman - BBC.com

[unable to retrieve full-text content] KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dh...