Search This Blog

Sabtu, 28 Oktober 2023

5 Pasar Tradisional Jogja Surganya Kuliner Para Wisatawan - detikJogja

Daftar Isi

Jogja -

Selama ini pasar identik sebagai tempat untuk membeli kebutuhan rumah tangga. Sebut saja seperti sayur, buah, bumbu dapur, hingga kebutuhan sehari-hari yang lain. Tetapi saat ini pasar juga memiliki fungsi lain. Salah satunya adalah menjadi wisata kuliner.

Wisata kuliner di pasar menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung dan wisatawan karena dapat memberikan pengalaman langsung dalam menjelajahi hingga mencicipi makanan yang dijual oleh para pedagang. Bahkan ada berbagai produk khas daerah yang ditemui di sini.

Tak terkecuali sejumlah pasar yang ada di Jogja ini. Deretan pasar tradisional Jogja ini cocok dijuluki surganya kuliner bagi para wisatawan. Penasaran ingin tahu di mana lokasinya? Berikut rangkuman informasinya!

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pasar Kranggan

Bicara soal surganya kuliner Jogja, Pasar Kranggan tak boleh terlewat untuk dikunjungi. Selain menjual barang kebutuhan pokok bak pasar pada umumnya, di lantai dua pasar ini justru menjadi pusat kuliner favorit anak-anak muda di Jogja.

Selain menawarkan kuliner bercita rasa khas Jawa, ada beberapa kios yang juga menjajakan kuliner western hingga Asia Timur.Bahkan beberapa kuliner di sini sempat viral hingga tak pernah sepi pengunjung.

Pasar Kranggan terletak di Poncowinatan, Gowongan, Jetis, Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari mulai dari pukul 04.00-21.00 WIB.

Pasar Prawirotaman

Ingin menikmati suasana senja yang nyaman di pasar? Coba kunjungi Pasar Prawirotaman, detikers. Meskipun masih beroperasi seperti pasar pada umumnya di lantai satu, tetapi Pasar Prawirotaman menyajikan konsep berbeda di lantai dua.

Pasar ini memiliki foodcourt yang dilengkapi dengan coworking space.Cocok bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner sembari mengerjakan tugas, menyelesaikan pekerjaan, atau bahkan mungkin hanya sekadar bersantai. Tak sampai di situ, Pasar Prawirotaman juga memiliki ruang duduk di lantai paling atas dengan pemandangan Kota Jogja yang indah. Ada berbagai kuliner kekinian yang bisa dipesan di pasar ini.

Pasar Prawirotaman terletak di Parangtritis Nomor 103, Brontokusuman, Mergangsan, Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari mulai dari pukul 05.00-20.00 WIB.

Pasar Ngasem

Bukan hanya wisatawan lokal yang mengunjungi Pasar Ngasem, tetapi juga turis asing dari berbagai negara juga tertarik untuk mendatangi lokasi ini. Selain menjual barang kebutuhan sehari-hari seperti sayur, buah, sembako, dan pakaian, pasar ini juga menawarkan beragam kuliner yang menarik untuk dicicipi.

Salah satu kuliner yang menjadi daya tarik di pasar ini adalah wedang rempah. Minuman herbal ini dapat dijumpai di salah satu kios yang berada di dalam Pasar Ngasem. Tak hanya itu, ada juga sejumlah kuliner lain yang bisa dicoba. Sebut saja seperti apem, carabikang, bubur, hingga sayur brongkos.

Pasar Ngasem terletak di Jalan Polowijan Nomor 11 Patehan, Kraton, Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari mulai dari pukul 05.00-16.00 WIB.

Pasar Bantul

Pasar Bantul menjadi salah satu ikon dari Kabupaten Bantul, terutama di bidang perekonomian dan perdagangan. Pasar tradisional yang satu ini berada di lokasi strategis yang ada di jantung Kota Bantul. Pasar ini terdiri dari tiga lantai yang memiliki fungsi masing-masing.

Diketahui bahwa lantai 2 dan 3 menjadi pusat kuliner yang dirancang dengan konsep kekinian, sama seperti Pasar Prawirotaman. Konsep foodcourt yang dilengkapi dengan coworking space ini pun menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pasar Bantul terletak di Jenderal Sudirman Nomor 108, Kurahan, Bantul. Pasar ini buka setiap hari mulai dari pukul 03.30-17.00 WIB.

Pasar Legi Kotagede

Pasar Legi Kotagede merupakan pasar tradisional yang memiliki sejarah panjang sebagai pusat perekonomian dan perdagangan. Selain itu, pasar ini juga dikenal sebagai salah satu pasar tua yang masih beroperasi di Kota Jogja. Dikutip melalui laman resmi Pemkot Jogja, Pasar Gede dinamai juga sebagai Pasar Legi. Alasannya karena ada hari pasaran menurut kalender Jawa yang mana terjadi aktivitas transaksi yang paling ramai, yaitu pada hari pasaran Legi.

Serupa dengan pasar pada umumnya, Pasar Legi Kotagede menjual berbagai kebutuhan pokok sehari-hari. Menariknya, di sore hari pasar ini akan dipenuhi dengan berbagai pedagang kaki lima yang menjajakan aneka kuliner. Sebut saja seperti gorengan, bakso, sate, wedang ronde, dawet, hingga berbagai macam es yang menyegarkan.

Pasar Legi Kotagede terletak di Jalan Mentaok Raya, Purbayan, Kotagede, Yogyakarta. Pasar ini buka setiap hari selama 24 jam.

Demikian tadi daftar pasar tradisional di Jogja yang menawarkan beragam kuliner menarik untuk dicoba. Jangan lupa berkunjung saat berada di Kota Jogja, detikers!

Simak Video "Diving Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Kakara Maluku Utara"
[Gambas:Video 20detik]
(apl/apl)

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/lSORnyz
via IFTTT

1 komentar:

  1. PikaShow understands that not everyone has constant access to the internet. To address this, the platform offers an offline viewing feature, allowing users to download their favorite movies and TV shows for later viewing.

    BalasHapus

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub