Search This Blog

Kamis, 19 Oktober 2023

8 Bahan Alami untuk Menghilangkan Kulit Kering Bersisik - KlikDokter

Selain rasanya manis, ternyata madu juga bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk kulit kering dan kusam. Berdasarkan Journal of Cosmetic Dermatology, madu mengandung protein, asam amino, vitamin, enzim, dan mineral lainnya. 

Selain itu, madu juga memiliki sifat humektan alami yang bisa mengikat kelembapan pada kulit. Oleh karenanya, bahan alami ini dapat membantu mengatasi masalah kulit kering bersisik. 

Cara menghilangkan kulit kering bersisik ini bisa dengan membuat masker madu. Coba oleskan madu mentah ke wajah atau bagian kulit kering,tapi pastikan untuk membasahi bagian tubuh kering terlebih dahulu. Setelahnya, biarkan hingga 20 menit sebelum membilasnya.

Artikel Lainnya: Penyebab Kulit Kering yang Mesti Kamu Waspadai

Minyak zaitun menjadi salah satu pilihan bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Ini berkat kandungan asam lemak, antioksidan, dan sifat humektan yang ada di dalam minyak zaitun. 

Bahan-bahan tersebut bisa melembapkan kulit dan mendukung hidrasi alami. Dengan begitu, kulit bersisik dan kering bisa diatasi dengan baik. Bahkan, ini merupakan cara menghilangkan kulit bersisik di kaki dan kulit kering. 

Ini telah terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan oleh Indonesian Journal of Community Development. Dalam penelitian tersebut, mengoleskan minyak zaitun selama 7 hari bisa membuat kulit kaki tampak lembap dan tidak kering. 

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik ini cukup mudah. Kamu hanya perlu mengoleskannya secara langsung ke kulit yang kering.

Selain dijadikan sebagai menu sarapan, ternyata oatmeal juga termasuk ke dalam bahan alami untuk kulit kering dan gatal. Dalam berbagai penelitian, terbukti bahwa oatmeal bermanfaat untuk atasi masalah kulit.

Bahan alami ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, sehingga dapat menenangkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut. 

Cara mengatasi kulit kering dan bersisik secara tradisional dapat dilakukan dengan menambahkan oatmeal khusus ke dalam bak mandi berisi air hangat. Kamu bisa berendam sekitar 10-15 menit. 

Mungkin sudah tidak asing lagi ketika kamu menemukan kandungan lidah buaya di dalam produk perawatan kulit. Pasalnya, bahan alami ini memang punya segudang manfaat yang baik untuk kulit.

Lidah buaya merupakan obat alami kulit kering bersisik dan gatal. Tanaman ini memiliki sifat humektan yang dapat mengikat kelembapan pada kulit. 

Untuk mendapatkan khasiatnya, kamu bisa mengoleskan gel lidah buaya ke kulit yang kering dan bersisik. Selain itu, bisa juga dengan menggunakan produk perawatan yang memiliki kandungan lidah buaya di dalamnya.

Produk olahan susu ini kaya akan protein dan lemak, yang dapat menjaga kadar air di bawah kulit. Bahkan, aktivitas biologis yoghurt telah terbukti dapat membantu mengunci kelembapan di kulit. 

Tentunya, ini bermanfaat untuk pemilik kulit kering dan bersisik. Untuk mendapatkan khasiat ini, coba gunakan yoghurt sebagai masker wajah. Kamu juga bisa menambahkan madu dan lidah buaya ke dalamnya.

Artikel Lainnya: 6 Cara Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Tradisional 

Berdasarkan Nutrients Journal, mentimun mengandung 96 persen air. Dengan begitu, bahan alami ini bisa membantu menghidrasi kulit dan mencegah kulit kering. Bahkan, mentimun juga bisa mencerahkan kulit kamu, lho!

Beruntungnya, kamu bisa membuat masker mentimun dengan mudah. Cukup tambahkan madu dan yoghurt ke dalam masker untuk membantu menghidrasi kulit secara maksimal.

Minyak biji bunga matahari bersifat emolien yang dapat menghidrasi sekaligus menghaluskan kulit. Berkat kandungan tersebut, bahan alami ini bisa mengatasi kulit kering dan bersisik. 

Kamu bisa menjadikan minyak biji bunga matahari sebagai pelembap dengan mengoleskannya langsung ke kulit yang kering. Selain itu, bisa juga menggunakan produk yang mengandung minyak biji bunga matahari.

Bahan-bahan alami di atas bisa kamu gunakan untuk mengatasi kulit kering yang bersisik. Bila masih ragu untuk menggunakannya, jangan sungkan untuk konsultasi langsung dengan dokter kulit lewat layanan Tanya Dokter

Yuk, #JagaSehatmu dengan merawat kulit agar terhindar dari masalah kulit kering bersisik yang bisa mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

(NM)

Adblock test (Why?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019) - Legacy.com

[unable to retrieve full-text content] Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019)    Legacy.com