Search This Blog

Minggu, 15 Oktober 2023

Harga Beras Belum Stabil, Pj Gubernur Sumsel Minta Jajarannya Gelar Pasar Murah - Jawa Pos - JawaPos

JawaPos.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni

blusukan ke dua pasar tradisional, yakni Pasar Tradisional Palimo dan Pasar Lemabang, Palembang, Sumatera Selatan, Minggu (15/10). Kegiatan itu dilakukan untuk mengecek harga pangan saat ini.

Menurut Fatoni, saat ini harga beras belum stabil. Karena itu, ia akan menginstruksikan jajaran di bawahnya untuk segera menggelar pasar murah di wilayahnya masing-masing.
"Kita akan mengkoordinasikan dengan bupati/walikota di Sumsel untuk menggelar pasar murah. Kita ingin menekan harga beras supaya lebih murah lagi," kata Fatoni dalam keterangannya, Minggu (15/10).
Menurut Fatoni, kegiatan pasar murah menjadi salah satu langkah untuk menstabilkan harga beras. Ia juga menilai, kegiatan tersebut dapat membantu masyarakat di tengah harga beras yang masih tinggi. 
"Operasi pasar juga kita minta untuk dimaksimalkan dan mengimbau kepala daerah di setiap daerahnya menggelar pasar murah dengan berkoordinasi bersama pihak terkait dan Bulog," ucap Fatoni.

Fatoni menyebut, saat ini belum menemukan adanya permainan pasar. Namun, peningkatan harga beras dapat terjadi karena suplai dan demand yang belum seimbang.

"Informasi dari Bulog, kondisi stok beras saat ini terbatas, sementara permintaan sangat tinggi. Begitu beras masuk, langsung habis," ungkap Fatoni.

Ia tak memungkiri, adanya El Nino ikut berdampak terhadap produksi beras pada tahun ini. Sehingga kondisi beras di pasar ikut terpengaruh akan hal tersebut.

"Saat ini produksi agak berkurang, sebenarnya hanya penundaan saja. Nanti di akhir tahun 2023 atau awal 2024 akan ada peningkatan produksi karena sudah panen," pungkas Fatoni.

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/AuSi9KM
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dhaaman - BBC.com

[unable to retrieve full-text content] KALLATTIIN Nagaa eegdonni UN 'atattamaan' Kibba Libaanos keessaa akka bahan Netaaniyaahuun dh...