Search This Blog

Jumat, 05 Januari 2024

Anies Ingin Kuliner Indonesia Kuasai Pasar Global - Metro TV News

Jakarta: Calon Presiden (Capres) nomor urut satu, Anies Baswedan ingin kuliner Indonesia menguasai pasar global. Oleh sebab itu, Indonesia harus lebih aktif di kancah internasional, termasuk melakukan diplomasi kuliner.

Anies berkaca dari banyak restoran Jepang dan Korea Selatan di Jakarta. Begitu juga dengan beberapa restoran dari negara tetangga, seperti Vietnam dan Thailand yang semakin menjamur di Ibu Kota.

"Kita ingin restoran Indonesia itu di kota-kota besar dunia," ujar Anies, Jumat, 5 Januari 2024.

Menurut Anies, untuk menggerakkan diplomasi kuliner tidak bisa hanya swasta saja yang bergerak. Swasta baru bisa mengerjakannya ketika skala ekonominya sudah bergerak.

Dia mencontohkan Thailand. Negeri Gajah Putih itu menggunakan maskapai penerbangan untuk mengirimkan bumbu ke Eropa dan Amerika Serikat (AS). Kebijakan itu diterapkan sebelum restoran Thailand berkembang pesat. Ketika sudah berkembang pesat, Thailand langsung fokus untuk mengembangkan sendiri.

Dia berharap Indonesia bisa menerapkan konsep seperti itu ke depannya. 

"Jangan sampai kita ini jadi tuan rumah berbagai kuliner dunia, tapi kita tidak menjadi tamu mempesona," katanya.
 

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/ca0sgTL
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub