Search This Blog

Sabtu, 20 Januari 2024

Peninggalan Bangunan Sejarah di Yogyakarta: Pasar Jimbaran, Pusat Perdagangan Bersejarah di Paling Timur Gunungkidul - Akurat Jateng - Jateng News - Akurat.co

AKURAT.CO Sejarah, Pasar Jimbaran, sebagai salah satu pasar pemerintah di Gunungkidul, menawarkan sejarah panjang dan keunikan tersendiri.

Berlokasi di wilayah Dusun Bulurejo, Kalurahan Tambakromo, Kapanewon Ponjong, pasar ini menjadi destinasi utama masyarakat dari berbagai daerah, termasuk lintas kabupaten dengan berbatasan langsung ke Kecamatan Wuryantoro, Kabupaten Wonogiri.

Sejarah Pasar Jimbaran mencatat perpindahan lokasi dari tempat semula, sekitar 100 meter dari lokasi sekarang.

Baca Juga: Bangunan Bersejarah di Yogyakarta: Pasar Gatak, Pusaka Sejarah Pasar yang Tetap Hidup

Kini, pasar ini menjadi salah satu pasar terbesar di wilayah desa dengan daya tarik utama pada hari pasaran wage.

Posisi Pasar Jimbaran yang menghadap ke utara, berada di pinggir jalan Wonosari–Pracimantoro, menambah daya aksesibilitasnya bagi masyarakat sekitar.

Pasar Jimbaran memiliki dua bagian utama, yaitu pasar umum dan pasar hewan.

Lokasi pasar hewan berada di sisi timur pasar umum. Keunikan ini menciptakan atmosfer berbeda di antara pedagang dan pembeli yang datang.

Baca Juga: Bangunan Bersejarah di Yogyakarta: Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Mojohuro, Keindahan dan Sejarah yang Terpatri

Hari pasaran wage di Pasar Jimbaran menjadi momen ramainya pasar, menarik pengunjung dengan beragam barang dagangan yang ditawarkan.

Adapun, hari selain pasaran, pasar ini ditutup.

Sejarah dan tradisi pasar yang masih terjaga memberikan kesan khas pada Pasar Jimbaran.

Bangunan di Pasar Jimbaran dirancang untuk menampung para pedagang, terdiri dari bangunan depan berbentuk toko dua lantai dan 17 los pasar.

Baca Juga: Bangunan Bersejarah: Rumah Tradisional Jawa Eks Kantor Kalurahan Kedungmiri, Keindahan Arsitektur dan Sejarah yang Terabadikan

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/xZujgy7
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub