Media/ alat peraga memiliki peranan penting dalam pembelajaran. Untuk menentukan suatu media pembelajaran yang tepat dengan suatu materi yang hendak disampaikan, seorang guru harus menguasi atau minimal mengetahui keunggulan dan kekurangan dari media pembelajaran dengan memanfaatkan aset yang ada disekolah yang digunakan ditinjau dari cara belajar siswa, kondisi dan situsai sekolah, sarana dan prasarana yang ada, serta kemampuan guru dalam menggunakan kemampuan media pembelajaran tersebut.
Alat peraga merupakan salah satu sarana untuk mempermudah pemahaman konsep pada waktu guru dan murid melaksanakan proses belajar mengajar. Dengan menggunakan alat peraga dimaksud murid akan lebih mudah memahami pelajaran dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, menyerap materi pelajaran, terutama dalam memahami konsep-konsep yang bersifat abstrak.
Alat peraga termasuk media yang sangat penting dalam menyampaikan informasi ilmu pengetahuan kepada murid. Alat Peraga/media pembelajaran merupakan sarana untuk meningkatkan kompetensi guru dalam berinovasi dan mandiri dalam mengembangkan kompetensinya sebagai seorang pendidik.
Ada beberapa kelebihan dalam proses pembelajaran saat menggunakan alat peraga yaitu: (1) Menumbuhkan minat belajar peserta didik karena pelajaran menjadi lebih menarik. (2) Memperjelas makna bahan pelajaran sehingga peserta didik lebih mudah memahaminya, menjadikan peroses mengajar akan lebih bervariasi sehingga peserta didik tidak akan mudah bosan, serta membuat lebih aktif melakukan kegiatan belajar seperti mengamati, melakukan, dan mendemonstrasikan.
Alat peraga memegang peranan penting dalam menciptakan proses pembelajaran. Terdapat enam fungsi utama alat peraga dalam proses pembelajaran (Sudjana, 2005: 99)
Penggunaan alat peraga terdapat funsgi tersendiri sebagai alat bantu untuk mewujudkan situasi yang efektif.
Penggunaan alat peraga merupakan bagian yang integral dari keseluruhan situasi mengajar. Ini berarti bahwa alat peraga merupakan salah satu unsur yang harus dikembangkan guru.
Alat peraga dalam pengajaran penggunaannya integral dengan tujuan dan isi pelajaran. Fungsi ini mengandung pengertian bahwa penggunaan alat peraga harus melihat tujuan dan bahan pelajaran.
Penggunaan alat peraga dalam pengajaran bukan semata-mata alat hiburan, dalam arti digunaan sekedar melengkapi proses belajar supaya lebih menarik perhatian siswa.
Penggunaan alat peraga dalam pengajaran lebih diutamakan untuk mempercepat proses belajar mengajar dan membantu siswa dalam menangkap pengertian yang diberikan guru.
Kegiatan refleksi ini, termasuk refleksi pengembangan karya invoasi yang saya lakukan terhadap media yang telah digunakan dalam pembelajaran matematika pada kompetensi dasar 3.8 mengenal dan menentukan panjang dan berat dengan satuan tidak baku menggunakan benda/situasi konkret pada kelas 1 sekolah dasar.
Video Pilihan
from "alat" - Google Berita https://ift.tt/jhBIYJk
via IFTTT
from Cara Muncara https://ift.tt/LV8MuSw
via IFTTT
Tidak ada komentar:
Posting Komentar