Search This Blog

Minggu, 19 Februari 2023

Rekomendasi Pasar Tempat Membeli Oleh-oleh Haji di Arab Saudi - Travel Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta - Buah tangan atau oleh-oleh menjadi salah stau tradisi dalam masyarakat Indonesia ketika pulang dari bepergian ke luar kota atau luar negeri. Tidak terkecuali bagi jamaah haji yang pulang dari tanah suci setelah menjalankan ibadahnya.

Ada tempat-tempat perbelanjaan atau pasar yang menjadi incaran para jamaah untuk membeli barang dan makanan khas Arab.

Berikut rekomendasi pasar-pasar di Arab Saudi yang menjadi pilihan jamaah untuk membeli oleh-oleh, mengutip dari berbagai sumber:

1. Pasar Kakiyah

Pasal ini memiliki empat lantai yang berisi ratusan toko. Di sana banyak dijual berbagai jenis kurma dan kudapan khas Arab. Meski sebagian besar pedagang yang menjajakan jualan adalah warga lokal, namun sebagian besar pedagang bisa dan paham bahasa Indonesia. Sehingga transaksi bisa dilakukan tanpa bantuan penerjemah.

2. Pasar Utaibah

Pasar Utaibah adalah pasar paling tua di Mekah dan menjadi pusat perdagangan penduduk Mekah. Pasal ini terletak 3 KM dari Masjidil Haram, tepatnya di jalan Hujoon. Sehingga pasar ini sangat mudah untuk dijangkau oleh para jamaah. 

3. Pasar Ja'fariyah

Pasar lainnya yang menjadi tempat berbelanja bagi para jamaah adalah Pasar Ja'fariyah yang terletak dekat dengan Masjidil Haram. Tempat belanja buah tangan yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja macam-macam cinderamata yang dapat dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di tanah air. Pasar ini selalu ramai dikunjungi, jadi jangan lupa Anda meluangkan diri untuk ke Pasar Ja’fariyah saat berkunjung ke Makkah.

4. Pasar Hijaz

Pasar ini terkenal menyediakan barang-barang bermerek yang tentunya berkualitas, baik produk lokal ataupun merek kelas dunia. Sehingga Pasar Hijaz dikenal dengan kemewahan tempatnya. Pasar ini bertempat di Jalan Makkah-Jeddah. Di sana juga juga menawarkan aneka olahan makanan dari seluruh dunia. 

5. Pasar Aziziyah

Pasar ini terletak cukup jauh dari kota Makkah, yaitu di distrik Aziziyah. Tapi tidak perlu khawatir, karena para jamaah tetap bisa berkunjung dengan transportasi darat. Pasar Aziziyah juga merupakan pasar terbesar di kota Makkah. Disana banyak perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi dapat Anda dapatkan di sini.

6. Pasar Syar'i Al-Hajj

Yang terkahir adalah Pasar Syar'i Al-Hajj. Di pasar ini, para jamaah bisa menemukan barang-barang keperluan rumah tangga dengan harga cukup murah. 

Itulah 6 pasar di Arab Saudi yang bisa menjadi pilihan jamaah untuk membeli oleh-oleh haji.

FANI RAMADHANI

Pilihan Editor: BPKH Sebutkan Empat Perbedaan Pengelolaan Dana Haji di RI dan Malaysia

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram http://tempo.co/. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/c4Lwip0
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub