Search This Blog

Selasa, 28 Maret 2023

Tips Cara Cepat Belajar Gitar, Pilih Alat yang Tepat dan Konsisten Berlatih - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Bermain gitar adalah salah satu hobi yang sangat populer dan disukai oleh banyak orang. Selain dapat meningkatkan keterampilan musik, bermain gitar juga dapat memberikan kepuasan pribadi dan kesenangan yang luar biasa. Untuk itu banyak orang yang mencari tahu cara cepat belajar gitar.

Cara cepat belajar gitar memungkinkan seseorang dapat mengekspresikan diri melalui nada dan ritme. Ketika seseorang berhasil memainkan lagu favoritnya, rasa keberhasilan dan kepuasan yang didapatkan sangatlah besar. Selain itu, bermain gitar juga dapat membantu seseorang untuk meredakan stres dan kecemasan. Bermain gitar juga merupakan cara yang sangat baik untuk mengeksplorasi kreativitas dan imajinasi. Seorang pemain gitar dapat mengembangkan keterampilannya dalam menulis lagu dan menciptakan musik. 

Banyak musisi terkenal yang memulai karir mereka dengan bermain gitar sebagai hobi. Cara cepat belajar gitar juga dapat membuka peluang untuk bertemu dengan orang baru dan bergabung dalam komunitas musik. Hal ini dapat membantu seseorang untuk meningkatkan keterampilan musiknya dan menciptakan hubungan sosial yang positif. Berikut cara cepat belajar gitar yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu, (29/3/2023).

2 dari 4 halaman

1. Pilih Gitar yang Tepat

Memilih gitar yang tepat sangat penting karena ini akan mempengaruhi kenyamanan pada cara cepat belajar gitar. Pastikan untuk memilih gitar yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi. Gitar akustik adalah pilihan yang baik untuk pemula yang ingin mempelajari teknik dasar. Jika ingin memainkan musik rock, blues atau metal, gitar listrik mungkin lebih cocok. Sedangkan untuk musik klasik, gitar klasik adalah pilihan yang tepat.

2. Temukan Posisi yang Nyaman

Sebelum mulai belajar bermain gitar, penting untuk menemukan posisi yang nyaman untuk bermain gitar. Untuk pemula posisi yang paling nyaman biasanya adalah dengan duduk dan memangku gitar, dekatkan badan gitar ke dada dan perut. Pegang leher gitar dengang tangan kiri sambil menekan-nekan senar sembarangan. Jika merasa kurang nyaman maka posisi gitar dapat diubah. Posisi yang nyaman akan sangat membantu cara cepat belajar gitar.

3. Ketahui Cara Tuning Gitar

Setelah mengetahui posisi yang nyaman, cara cepat belajar gitar dilanjutkan dengan  belajar menyetem senar gitar. Tidak semua senar gitar langsung mengeluarkan nada yang tepat saat dipetik, apalagi jika baru pertama kali dibeli. Belajar tuning perlu dilakukan agar gitar bisa menghasilkan suara petikan yang merdu. Belajar cara tuning senar gitar dapat membuat telinga terbiasa mendengar nada yang tepat. Berikut tips cara tuning senar gitar.

Ketahui nama-nama senar dari atas (yang paling tebal) ke bawah (yang paling tipis) urutannya adalah E, A, D, G, B, dan E.

Atur tuner (putaran yang ada di kepala gitar) sesuai dengan kebutuhan. Jika nada dirasa kurang tinggi, kencangkan senar gitar. Tapi jika nada dirasa kurang rendah, putar tuner-nya sampai senar mengendur dengan tepat.

Kencang atau kendurnya senar ini sangat mempengaruhi nada yang akan dihasilkan. Tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan dapat diketahui sendiri jika sudah terbiasa mendengarnya. Pemula dapat menggunakan tuner gitar yang dapat dibeli di toko-toko musik untuk memudahkan proses tuning.

3 dari 4 halaman

4. Pelajari Kunci Gitar dan Cara Memetiknya

Cara cepat belajar gitar dilanjutkan dengan mempelajari kunci-kunci dasar dalam memainkan gitar. Ada A, Am, B, Bm, D, Dm, E, Em, C, dan juga G. Setiap kuncinya, memiliki cara sendiri untuk dimainkan dan dipetik. Pengetahuan dasar semacam ini setidaknya sudah dikuasai dulu sebelum mulai belajar memainkan gitar. Untuk memudahkan proses belajar, kunci dasar gitar dapat dicatat di buku khusus.

Kemudian latihlah jari untuk menekan senar pada fret atau logam tegak lurus yang ada di leher gitar. Pastikan getaran hanya terasa di jari yang menekan senar saja. Setelah itu mulailah memainkan kunci dasar. Mulai latihan ini dengan kunci yang mudah, misalnya kunci A karena masih berada dalam 1 ruas yang sama. Jangan asal genjreng, usahakan untuk menghasilkan nada yang merdu dan jernih. Kemudian ganti posisi jari dengan kunci yang lain.

Ulangi langkah-langkah tersebut untuk memainkan kunci yang lain. Jangan terburu-buru untuk memainkan lagu. Berlatihlah lagi selama beberapa waktu supaya semakin hafal letak kuncinya dan jari semakin luwes berpindah dari kunci satu ke kunci lainnya.

5. Pilih Lagu Mudah

Pilih lagu-lagu yang mudah untuk dimainkan sebagai latihan awal. Hal ini akan membantu membangun keterampilan dasar dalam bermain gitar. Jangan terlalu terburu-buru dalam memilih lagu-lagu yang sulit dimainkan, pelajari dengan baik dan pilih lagu yang sesuai dengan level yang baru dipelajari.

Dengarkan musik yang ingin dimainkan dan tirukan melodi dan nada yang terdengar. Ini akan membantu engembangkan pendengaran musik dan mempercepat proses belajar. Coba perhatikan bagaimana gitaris mengatur nada dan tempo, dan berlatih meniru gaya bermain mereka.

4 dari 4 halaman

6. Praktik Secara Konsisten

Kunci utama dalam cara cepat belajar gitar adalah latihan yang konsisten. Jadwalkan waktu setiap hari untuk berlatih gitar dan berusaha untuk mempertahankan jadwal tersebut. Penting untuk menjaga motivasi, jadi cobalah untuk membuat latihan menjadi menyenangkan dengan memainkan lagu-lagu yang disukai.

Belajar bermain gitar membutuhkan waktu dan kesabaran. Ingatlah bahwa tidak ada jalan pintas untuk menjadi ahli dalam bermain gitar. Jangan mudah menyerah dan tetaplah konsisten dalam praktik setiap hari. Jadilah sabar dan fokus pada proses belajar.

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/yOF9ACI
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/3XCYtoa
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub