Search This Blog

Sabtu, 08 April 2023

40 Alat Musik Tradisional Indonesia Lengkap Daerah Asalnya - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia --

Alat musik tradisional Indonesia adalah salah satu bentuk warisan budaya yang harus dilestarikan secara turun-temurun.

Ada banyak jenis-jenis alat musik tradisional yang dimiliki bangsa Indonesia. Contohnya, gamelan, kolintang, tifa, sasando, dan masih banyak lagi.

Dirangkum berbagai sumber, berikut penjelasan tentang pengertian alat musik tradisional, fungsi, dan contohnya dari berbagai daerah di Indonesia.


Pengertian Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional adalah sebuah instrumen musik atau alat musik yang menjadi ciri khas suatu daerah yang diwariskan secara turun-temurun.

Alat musik tradisional diciptakan di daerah tertentu sehingga nama, bentuk, serta ciri alat musik setiap wilayah berbeda dengan wilayah lainnya.

Meski ada beberapa alat musik yang bentuknya terlihat mirip, perbedaan akan selalu ada. Bisa itu dari namanya, cara memainkan, maupun fungsinya.


Fungsi Alat Musik Tradisional

Alat musik tradisional tiap daerah memiliki fungsi masing-masing. Biasanya, alat musik disandingkan dengan warisan budaya tradisional lainnya.

  • Fungsi pertama, alat musik tradisional adalah alat atau sarana upacara adat yang sudah dilakukan sejak lama. Misalnya, digunakan saat pesta pernikahan, kelahiran, keagamaan, hingga upacara kematian.
  • Fungsi kedua, alat musik tradisional berkaitan dengan warisan budaya yang biasanya digunakan untuk pertunjukan seni suatu daerah.
  • Fungsi ketiga, alat musik tradisional merupakan media untuk berkomunikasi, berkreasi, dan berekspresi.


Alat Musik Tradisional Indonesia

ilustrasi gamelan jawaIlustrasi. Alat musik tradisional Indonesia lengkap dengan daerah asalnya. (iStockphoto/ridzky setiaji)

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftar alat musik tradisional Indonesia lengkap dengan daerah asalnya.

1. Angklung asal Jawa Barat

Angklung adalah alat musik tradisional dari bambu yang dimainkan dengan teknik kurulung yaitu menggoyangkan angklung dengan salah satu tangan agar menghasilkan suara.


2. Aramba asal Sumatra Utara

Aramba mempunyai bentuk bulat seperti alat musik gong. Bedanya, bentuk aramba ini lebih kecil. Cara memainkannya juga sama dengan gong, yaitu dipukul dengan alat khusus supaya berbunyi.


3. Bonang asal Jawa Timur

Bonang merupakan alat musik pukul yang terbuat dari kuningan. Bonang termasuk bagian dari peralatan gamelan dan biasanya digunakan secara bersamaan dengan saron dan gong untuk memainkan suatu tembang.


4. Doli-doli asal Sumatra Utara

Doli-doli adalah alat musik tradisional dari daerah Nias, Sumatra Utara yang terbuat dari kayu dan disusun sejajar. Doli-doli dimainkan dengan cara dipukul memakai alat pukul kayu.


5. Gong asal Jawa Barat

Gong termasuk alat musik pukul khas Jawa Barat. Gong dapat dijumpai pada rangkaian alat musik gamelan dan bentuknya bulat besar.


6. Gendang asal Jawa Barat

Sama dengan gong, gendang juga menjadi elemen musik pendukung pada gamelan. Terbuat kayu dan kulit, cara memainkan gendang ini dipukul dengan tangan.


7. Kecapi asal Jawa Barat

Kecapi merupakan alat musik petik tradisional yang terbuat dari kayu, berbentuk kotak persegi panjang dan dilengkapi senar atau dawai untuk menghasilkan bunyi.


8. Kolintang asal Sulawesi Utara

Kolintang adalah alat musik pukul tradisional asal Minahasa, Sulawesi Utara yang terbuat dari kayu. Cara memainkan kolintang ini dipukul dengan mallet agar suara yang dihasilkannya merdu.


9. Rebab asal Jawa Barat

Rebab merupakan alat musik gesek tradisional dari kayu yang sering digunakan untuk mengiringi wayang golek hingga tarian jaipong. Selain di Jawa Barat, rebab juga ada di Betawi hingga Bali.


10. Sape asal Kalimantan Timur

Sape atau sapeh termasuk alat musik petik tradisional yang bentuknya mirip gitar. Sape ini sering digunakan sebagai alat musik pengiring dalam acara adat Suku Dayak.


11.Demung asal Jawa Tengah

Demung adalah alat musik pukul tradisional yang termasuk dari bagian gamelan. Fungsi demung yaitu sebagai penghias lagu. Demung terdiri atas dua jenis yaitu demung nada pelog dan demung slendro.


12. Ganda asal Sulawesi Tengah

Ganda mempunyai bentuk menyerupai gendang dengan ukuran lebih kecil dan ramping. Alat musik ganda dimainkan dengan cara ditabuh.


13. Geso-geso asal Sulawesi Selatan

Geso-geso atau keso-keso terbuat dari bambu dan tempurung kelapa. Alat musik ini dimainkan dengan cara digesek.


14. Burdah asal Sumatra Selatan

Burdah memiliki bentuk seperti rebana atau dikenal sebagai gendang oku. Alat musik ini terbuat dari kulit binatang dan kayu, serta cara memainkannya dipukul.


15. Guriding asal Kalimantan Selatan

Guriding atau kuriding adalah alat musik khas suku Banjar, Kalimantan Selatan yang terbuat dari pelepah enau, bambu, dan tali. Cara memainkannya ditempel ke bibir sambil menarik tali getar untuk menghasilkan suara.


16. Lalove asal Sulawesi Tengah

Lalove adalah alat musik tiup yang wujudnya seperti suling bambu tetapi ukurannya lebih panjang. Lalove sering digunakan untuk mengiringi musik tarian Sulawesi Tengah.


17. Pupuik Tanduak asal Sumatra Barat

Pupuik Tanduak merupakan alat musik khas Minangkabau yang terbuat dari tanduk kerbau. Alat musik ini menghasilkan suara dengan cara ditiup.


18. Suling asal Jawa Barat

Suling adalah alat musik tiup dari bambu. Suling bisa dimainkan bersama dengan kecapi maupun gamelan supaya menciptakan lebih banyak warna suara.


19. Siter asal Jawa Tengah

Siter termasuk alat musik pendukung dari gamelan. Siter terbuat dari kayu dan memiliki 12 nada yang disetel dengan senar. Siter dimainkan dengan cara dipetik.


20. Talindo asal Sulawesi Tengah

Talindo atau tolindo merupakan alat musik tradisional suku Toraja berbentuk unik yang terbuat dari kayu solid, satu buah senar, dan tempurung kelapa. Talindo dimainkan dengan cara dipetik.


21. Bende asal Lampung

Alat musik bende memiliki bentuk seperi gong tapi ukurannya lebih kecil. Bende dapat menghasilkan bunyi dengan cara dipukul dengan alat khusus.


22. Ceng-ceng asal Bali

Ceng-ceng adalah salah satu elemen penting dalam perangkat gamelan Bali. Bentuknya seperti keping dari bahan logam dan dimainkan dengan cara memadukan kepingannya.


23. Garantung asal Sumatra Utara

Garantung termasuk alat musik tradisional khas Batak Toba yang terbuat dari bambu atau kayu. Garantung dimainkan dengan cara dipukul.


24. Gonrang asal Sumatra Utara

Gonrang memiliki bentuk seperti gendang pada umumnya, dan dimainkan dengan cara dipukul agar menghasilkan bunyi.


25. Gamelan asal Jawa Tengah

Gamelan merupakan alat musik tradisional dari Jawa Tengah. Namun, alat musik ini juga banyak ditemukan di luar Pulau Jawa dengan nama yang berbeda. Cara memainkannya dengan ditabuh.


26. Saluang asal Sumatra Barat

Saluang termasuk alat musik tradisional tiup khas Minangkabau. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau talang.


27. Santu asal Sulawesi Tengah

Santu terbuat dari bambu dan alat musik ini bisa dimasukkan ke dalam jenis gitar tabung, dan cara memainkannya dipetik.


28. Serunai asal Sumatra Barat

Serunai atau puput serunai adalah instrumen musik tiup seperti halnya seruling, yang terbuat dari dua potong kayu atau bambu berongga.


29. Panting asal Kalimantan Selatan

Panting berasal dari Suku Banjar, Kalimantan Selatan. Disebut panting karena ini alat musik petik yang terbuat dari kayu nangka dan dibentuk mirip gitar berukuran ramping.


30. Tifa asal Maluku

Tifa merupakan alat musik yang digunakan sebagai instrumen pengiring tarian adat Maluku dan Papua. Bentuknya menyerupai gendang dan cara memainkan tifa dengan dipukul.


31. Celempung asal Jawa Barat

Celempung adalah alat musik yang terbuat dari bambu dengan diameter 50-70 cm. Bambu-bambu tersebut disusun sesuai urutan nada, lalu dimainkan dengan cara dipukul memakai alat bantu.


32. Gambang asal Jawa Tengah

Alat musik gambang seringkali digunakan dalam orkes gambang kromong. Bentuknya terbuat dari 18-20 bilah bambu atau kayu, dan cara memainkannya dengan dipukul.


33. Gender asal Jawa Tengah

Gender termasuk bagian dari gamelan berupa alat musik pukul logam atau metalofon yang terdiri atas 10-14 bilah logam bernada.


34. Ketipung asal Jawa Timur

Ketipung memiliki bentuk yang mirip seperti gendang tetapi ukurannya lebih kecil. Alat musik ini terbuat dari kayu dan banyak digunakan pada musik keroncong hingga dangdut.


35. Gendang Beleq asal Nusa Tenggara Barat (NTB)

Gendeng beleq merupakan alat musik gendang khas suku Sasak, Lombok. Gendeng beleq berbentuk seperti gendang pada umumnya, terbuat dari kayu dan kulit serta dimainkan dengan cara dipukul.


36. Sasando asal Nusa Tenggara Timur (NTT)

Sasando adalah alat musik khas dari Kabupaten Rote Ndao, NTT. Bentuknya unik karena memiliki keluk di bagian belakang. Sasando dimainkan dengan cara dipetik.


37. Terompet Reog asal Jawa Timur

Terompet reog berasal dari Ponorogo, Jawa Timur yang terkenal dengan kesenian reog dan sudah mendunia. Cara memainkannya ditiup, bentuknya kecil mengerucut, serta terbuat dari tempurung kelapa.


38. Atowo asal Papua

Atowo adalah alat musik pukul yang bentuknya mirip tabung dan terbuat dari kayu. Ciri khas bentuknya selalu memiliki ukiran, tetapi alat musik tradisional ini sudah mulai langka.


39. Cangor asal Jambi

Cangor merupakan alat musik sitar tabung dari Jambi yang terpengaruh budaya Melayu. Bentuknya silinder karena terbuat dari bambu, yang kulitnya disisit atau dicungkil agar fungsinya menyerupai senar.


40. Kecrek asal Betawi

Kecrek atau tamborin termasuk alat musik tradisional Indonesia dari suku Betawi. Kecrek menggunakan logam tipis yang dipasang tersusun di pegangan kayu. Kecrek dimainkan dengan cara digoyang agar menghasilkan suara gemerincing.

(avd/fef)

[Gambas:Video CNN]

Adblock test (Why?)



from "alat" - Google Berita https://ift.tt/Ev1dRmJ
via IFTTT

from Cara Muncara https://ift.tt/LIbORS5
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub