Search This Blog

Senin, 12 Juni 2023

Pemko Banda Aceh Gelar Pasar Murah Selama Tiga Hari di Tiga Lokasi - Serambinews.com

Laporan Herianto I Banda Aceh

SERAMBNEWS.COM, BANDA ACEH - Pemerintah Kota Banda Aceh, melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perindagnya, menjelang Hari Raya Idhul Adha 1444 Hijriah, menggelar Pasar Murah, selama tiga hari, mulai 13 – 16 Juni 2023 di tiga lokasi.

“Kegiatan ini dilaksanakan, kerjasama dengan Disperindag Aceh, Bulog, Satgas Pangan Polres dan mitra kerja lainnya, menjual lima komoditas pangan, yaitu beras, minyak goreng, telur ayam, gula pasir, dan tepung terigu di bawah harga pasar,” kata Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perindag Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin kepada Serambinews.com, Senin (12/6/2023) di Banda Aceh.

Untuk hari pertama, sebut Nurdin, dilaksanakan pada hari Selasa (13/6) di Halaman Taman Sulthanah Safiatuddin, Gampong Bandar Baru.

Respon Laporan Warga, Polresta Banda Aceh Kembali Amankan 4 Sepmor yang Digunakan untuk Balap Liar

Hari Kedua dilaksanakan Rabu (14/6) di Halaman Kantor Camat Baiturrahman dan hari ketiga dilaksanakan Rabu (15/6) di Halaman masjid Baitussalihin, Kecamatan Ulee Kareng.

Ada lima komoditas pangan yang dijual, yaitu beras isi 10 Kg dijual dengan murah Rp 80.000/bungkus, minyak goreng ukuran 2 liter dijual dengan harga Rp 30.000/bungkus, gula pasir isi 2 Kg Rp 20.000/bungkus, tepung terigu isis 1 Kg Rp 10.000/bungkus dan telur ayam 1 papan Rp 43.000 (30 butir).

Harga lima komoditas pangan tersebut bisa murah, karena sudah diberi subsidi oleh Pemerintah Aceh.

Pasar Murah yang dibuka Pemko di tiga lokasi tersebut, ungkap Nurdin, hanya diperuntukan bagi masyarakat Kota Banda Aceh. Untuk itu, masyarakat Kota Banda Aceh yang ingin berbelanja lima komoditi bahan pangan tersebut, harus membawa KTP.

Pasar Murah itu dibuka pukul 9 pagi dan masyarakat yang ingin membeli lima komoditi tersebut, harus cepat hadir di lokasi Pasar Murah, untuk mendapatkan kupon pembelian.

Setiap masyarakat hanya dibenarkan membeli satu paket maksimalnya, yaitu beras 10 Kg, minyak goreng 2 liter, gula pasir 2 Kg, tepung terigu 1 Kg dan telur ayam 1 papan dengan total harga Rp 183.000.

Masyarakat yang ingin membeli lima komoditi tersebut, kata Nurdin, diharapkan membawa uang pas Rp 183.000, supaya bisa cepat dilayani. Total barang yang disediakan Bulog dan mitra kerjanya di setiap lokasi, sekitar 400 – 600 paket.

Nurdin menjelaskan, Pasar Murah ini terus kan digelar, hingga menjelang Lebaran Idul Adha 1444 Hijriah pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang.

Pada tanggal 20 – 21 Juni 2023 mendatang, Pemko Banda Aceh, akan kembali menggelar Pasar Murah dengan lima komoditi lagi, yaitu beras, gula pasir, minyak goreng, gula pasir dan telur ayam.

Tujuan Pemerintah menggelar Pasar Murah untuk lima bahan pangan tersebut, pertama untuk pengendalian dan stabilisasi harga pangan dan meningkatkan daya beli masyarakat terhadap bahan pangan dengan harga murah, bagi masyarakat miskin, tapi kualitasnya standar.

Kedua, untuk pengendalian inflasi Kota Banda Aceh, sebagai Ibukota Provinsi Aceh, agar angka inflasi kelompok bahan pangannya pada akhir bulan nanti, tidak tinggi. Pada bulan Mei 2023 lalu, Kota Banda Aceh alami inflasi 0,30 persen.

“Kita harapkan dengan adanya Operasi Pasar ini, angka inflasi lima komoditi bahan pangan yang kita jual murah itu, bisa menurunkan harga di pasar, agar pada bulan Juni ini, angka inflasi tidak terlalu tinggi,” ujar Kadis Koperasi, UKM dan Perindag Kota Banda Aceh, Muhammad Nurdin tersebut.(*)

BREAKING NEWS - Penyidik Kejari Aceh Timur Geledah Dinas PUPR, Sejumlah Dokumen Penting Ikut Disita

BREAKING NEWS - Penyidik Kejari Aceh Timur Geledah Dinas PUPR, Sejumlah Dokumen Penting Ikut Disita

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/GDyJ0WT
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019) - Legacy.com

[unable to retrieve full-text content] Barbara Bahan Obituary and Online Memorial (2019)    Legacy.com