Search This Blog

Selasa, 13 Juni 2023

Tata Kawasan Borobudur Pemerintah Bangun Museum-Pasar Seni - detikNews

Jakarta -

Pemerintah tengah mengebut penataan kawasan Borobudur yang menjadi destinasi wisata super prioritas. Sejumlah infrastruktur pun akan dibangun di kawasan Borobudur untuk mendukung Borobudur menjadi kawasan wisata budaya yang dapat memberikan dampak baik serta berkelanjutan.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan sejumlah infrastruktur yang dibangun di kawasan Borobudur itu di antaranya jembatan dan museum. Selain itu, pemerintah juga akan meneruskan pembangunan jalur pejalan atau boardwalk, serta penataan Kampung Seni Kujon yang menjadi tempat relokasi pedagang pasar di kawasan Candi Borobudur.

"Nanti kita akan lanjutkan pembangunan Pasar Seni Kujon itu yang sekarang sedang direview desain karena tadinya dua lantai dianggap menghalangi pemandangan Borobudur akan kita turunkan satu lantai," kata Basuki usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (13/6/2023).

Sementara untuk museum, Basuki menjelaskan pembangunan itu dilakukan agar wisatawan memiliki opsi saat berwisata di Candi Borobudur. Dengan adanya museum itu, kata Basuki, wisatawan tidak harus naik ke Candi Borobudur.

"Lalu pembangunan museum sehingga orang mungkin wisatawan tidak harus naik ke Borobudur. Bisa lihat dari museumnya dulu, kalau masih ingin lihat ya lihat. Karena itu menentukan keberlanjutannya keausan dari Batu Candi tersebut," ujarnya.

"Lalu problem sampah, ini Pak Bupati Magelang menyiapkan lahan 8 ha ini akan kita bangun TPA-nya," imbuh Basuki.

Basuki menuturkan, untuk Pasar Seni Kujon, ditargetkan selesai tahun ini. Sedangkan untuk musem, ditargetkan selesai pada tahun 2024.

"Tadi yang broadwalk dan Kujon akan segera kita lakukan dan mudah mudahan selesai tahun ini. Museum karena besar mungkin kita mulai tahun ini tapi selesai 2024," kata dia.

Selain itu, lanjut Basuki, pemerintah juga akan menyiapkan tempat peribadatan untuk umat Buddha di kawasan Borobudur yang ditargetkan selesai pada tahun ini atau tahun 2024. Hal itu untuk memfasilitasi umat Buddha yang beribadat ke Candi Borobudur.

"Pak Menteri Agama tadi kalau haji 6 juta, ini 20 juta, ini nanti ada tempatnya tempat Hotel Manohara itu akan kita bikin sebagai tempat peribadatan. Itu yang dibahas tadi semua harus selesai tahun 2023 ini dan satu lembaga yang mengelola wisata ekonomi budaya dan edukasinya tadi," papar Basuki.

(mae/dwia)

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/7kmFsDp
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub