Search This Blog

Sabtu, 05 Agustus 2023

BUMDes Bumirejo Mampu Kelola Aset Pemprov Jadi Pasar Desa - DPRD JATENG

PAPARAN : Komisi A mendengarkan paparan dari BUMDes Bumirejo terkait pengelolaan aset Pemprov Jateng.(foto: mentaripagi)

PATI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Bumirejo di Kecamatan Margorejo, Pati, mampu mengelola tempat yang dulu jembatan timbang menjadi sebuah pasar desa. Dalam mengelola tempat itu, pihak BUMDes menyewa aset milik Pemprov Jateng. Hal itu mengemukan dalam kunjungan kerja Komisi A ke Pasar Bumirejo, Jumat (4/8/2023). Kini Pasar Bumirejo mampu menjadi pasar dengan segala jenis usaha. Pedagang pun mayoritas berasal dari warga desa setempat.   

Anugrah Daud Andhika selaku Ketua BUMDes Bumirejo menyatakan, Lembaga usaha milik Pemdes  mampu berperan menekan tingkat kemiskinan di pedesaan. 

Dengan demikian perekonomian di desa bisa berputar sehingga bisa menjadi salah satu pilar penyokong perekonomian daerah. Pasar Bumirejo berdiri di lahan seluas 4.637 m2. Dengan system sewa lahan, pihak BUMDes menyewa tanah tersebut kepada Pemprov Jateng. Kemudian, mulai 2021 lahan tersebut dikelola BUMDes menjadi sebuaha pasar desa. Secarea keseluruhan BUMDes Margorejo mempunyai tiga jenis usaha di antaranya simpan pinjam, pasar, dan pengelolaan limbah garmen. Pada 2022, pendapatan BUMDes mencapai Rp 30 an juta. Kontribusi pasar sekitar Rp 10-12 juta.

“Masih banyak lapak yang kosong, sehingga tidak dapat ditarik. Bentuk persewaan lapak di pasar ini, per tahun. Dengan sistem pembayaran dicicil/diangsur setiap tahun,” ujarnya.

Kepala Desa Bumirejo Abdul Hadi menambahkan, ada beberapa permasalahan atau kendala yang kerap dialami BUMDes yaitu terkait manajemen, serta keterbatasan dalam mengakses e-commerce, dan kurangnya inovasi untuk pengembangan usaha.

Menanggapi diskusi tersebut anggota Komisi A Soenarno mengungkapkan perlu diadakan pelatihan untuk pengurus BUMDes, agar pengelolaan dapat maksimal. Untuk optimalisasi aset pemerintah provinsi jawa tengah untuk nilai sewa kios di pasar ini perlu dievaluasi tiap tahun, agar pengelolaan secara optimal, sehingga dapat memberikan dampak bagi kesejahteraan masyarakat.(mentari/priyanto)

Adblock test (Why?)



from "pasar" - Google Berita https://ift.tt/a2FVdju
via IFTTT

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process - PM Scheme Hub

[unable to retrieve full-text content] Apun Bahan Scheme Assam 2024: Eligibility, Required Documents and Application Process    PM Scheme Hub